Demo Aksi 313, Ketua PBNU NU: Ngapain Demonstrasi, Ahok Sedang Disidang, Apalagi Yang Ingin Dituntut??

loading...
loading...

Asliberita.com - Ketua PBNU Said Aqil menghimbau agar masyarakat tidak perlu melakukan demonstrasi seperti yang lalu-lalu. Ia juga berpesan agar jangan melakukan sesuatu yang dapat membahayakan masyarakat yang lain apabila aksi 313 tetap dijalankan.

"Gak perlu lah (aksi turun ke jalan), untuk apa yang begitu-begitu? Kalau untuk menuntut soal kasus Pak Ahok, kan semua sudah jalan di persidangan. Apalagi yang dituntut?" kata Said Aqil dalam keterangannya, Kamis 30 maret 2017.

Ia menyatakan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk menyampaikan pendapat, salah satunya dengan cara demonstrasi. Namun, aksi turun ke jalan untuk mendesak turunnya Ahok menjelang hari pencoblosan suara, terlebih di saat proses hukum tengah berjalan, adalah sebuah aksi yang tidak perlu.

Jika masih ada juga pihak-pihak yang ngotot tetap melakukan aksi turun ke jalan maka, menurut Taufiq, jangan heran jika masyarakat menduga ada agenda tersembunyi di balik aksi tersebut, termasuk agenda politik.

"Tidak bisa dinafikan ada agenda politisasi. Agenda politisnya untuk mempengaruhi. Mungkin soal-soal bagaimana mengurangi suara untuk pemilih (pasangan calon) nomor dua atau gimana. Itu mungkin saja, karena gak jelas itu maunya gimana itu kegiatan-kegiatan seperti itu," katanya.

Intelektual muda NU ini melihat ada kecenderungan dikembangkannya pola-pola kehidupan agama secara radikal oleh pihak-pihak tertentu belakangan ini, dengan memanfaatkan Pilkada DKI Jakarta.

Aksi yang dinamai 313 ini berisi tuntutan agar pemerintah mencopot Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok dari jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta.

"NU sih tidak punya peran dukung atau menolak, karena NU itu organisasi masyarakat bukan partai politik," ujar Said usai melantik anggota baru Pengurus Pusat Muslimat NU di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Front Pembela Islam (FPI) DKI, Novel Bamukmin sempat mengkonfirmasi rencana 313. Jumlah peserta 313, kata dia diperkirakan sama banyak dengan aksi bernada serupa, yang sempat diadakan bulan lalu.

Kepolisian Daerah Metro Jaya diketahui belum menerima surat pemberitahuan dari penggagas aksi. Namun, polisi tetap mempersiapkan skenario pengamanan jika aksi itu benar-benar digelar.

"Ya, tetap kami antisipasi. Kami siapkan pengamanannya. Nanti kami tunggu laporan jumlah massa dan kegiatannya dulu," tutur Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono.

Sumber : Tempo

0 Response to "Demo Aksi 313, Ketua PBNU NU: Ngapain Demonstrasi, Ahok Sedang Disidang, Apalagi Yang Ingin Dituntut??"

Post a Comment